Resume Amazon.com

  Halo semuanya! Kali ini kita akan membahas salah satu website e-commerce terkenal yaitu adalah  Amazon. Amazon.com adalah situs perdagangan retail terbesar yang ada di dunia, yang hanya bermula dengan hanya menjual buku secara online, akan tetapi sekarang mulai menjamah ke berbagai hal sepertii DVD, pakaian, dan juga web hosting CDN.

  Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos, pada tahun 1994 dan diluncurkan pertama kali pada juni 1995. Pada awalnya Perusahaan ini bernama Cadabra, Inc, akan tetapi orang-orang sering salah mendengarnya menjadi ‘Cadaver’ yang berarti “ mayat/bangkai “. Kemudia terpilihlah nama Amazon karena sungai Amazon adalah sungai terbesar didunia melambangkan ukuran yang besar, dan  karena di awali dengan huruf “A”  yang berarti huruf awal dalam urutan alfabet.

Amazon.com dibedakan menjadi beberapa jenis yakni :

1. Amazon BookSurge

Amazon’s BookSurge adalah berjenis buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan dalam mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor. BookSurge ini sendiri beroperasi pada April tahun 2005.

2) Amazon EBS

Amazon Elastis Blokir Store (EBS) ini menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan bersama dengan Amazon EC2. Amazon EBS ini cocok untuk aplikasi yang memerlukan database, sistem file, atau akses ke mentah blok tingkat penyimpanan. Amazon EBS ini telah diluncurkan ke publik pada 21 Agustus 2008.

3) Amazon EC2

Amazon EC2 ( Elastis Cara Cloud ) ini berfungsi untuk menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah. Bersama Amazon’s virtual penyimpanan produk S3, EC2 bekerja sama dalam menyediakan ruang data storage. Contohnya adalah Pownce dan Justin.tv yang menggunakan EC2. Dalam hal ini para user hanya  akan membayar sejumlah yang digunakan.

4) Amazon Kindle

Amazon Kindle diperkenalkan kepada publik pada bulan November 2007. Kindle adalah sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Books, newspapers, Buku, koran, majalah dan blog yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon yang dilakukan secara gratis melalui jaringan EVDO (disebut WhisperNet) dan telah diterbitkan dalam format eksklusif untuk Kindle.

5) Amazon S3

Amazon S3 (Simple Storage Service) adalah sebuah layanan penyimpanan online yang digunakan perusahaan-perusahaan pengembang. Para pengguna dapat menyimpan dan mengambil Data-data yang diperlukan melalui antarmuka web sederhana dari komputer dimana saja dan dapat dilakukan setiap saat.

6) Amazon Web Service

Amazon Web Service ini telah dioperasikan sejak awal tahun 2006, Amazon Web Services (aws) perusahaan telah menyediakan semua ukuran dengan infrastruktur layanan web platform in the cloud. Para pengguna dapat dengan melakukan.


Kelebihan dari Amazon sendiri adalah :

Merupakan Ecommerce retail terbesar.
Berfungsi seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan yang dapat digunakan untuk membantu mendorong penjualan.
Memiliki nama besar atau brand terkenal.
Semakin berkembang dari waktu ke waktu.
Menyediakan berbagai barang yang tidak ada pada marketplace lain.
Berhasi untuk membangun sebuah ikatan yang kuat terhadap para pelanggan muda.

Kelemahan dari Amazon adalah :

tergantungnya pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat layanan dan berpotensi masalah meningkatkan biaya seperti:transportasi,industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan.
Amazon menambahkan kategori-kategori baru untuk bisnis, maka beresiko dapat merusak merek
Sedikitnya Supplier
Beresiko inventori-musiman
Pelanggaran terhadap data rahasisa informasi pelanggan

Komentar