RESUME Rancangan WEB E-Commerce

  Haloo semuanya! Kali ini kita akan membahas mengenai E-Commerce, tentunya kalian sudah mengerti dan paham apa itu E-Commerce. E-Commerce atau perdagangan berbasis elektronik ini adalah sebuah wadah penjualan, penyebaran, pembelian, dan pemasaran barang dan jasa yang dilakukan melalui sistem elektronik, seperti halnya jejaring sosial media, dimana terjadi pertukaran data secara elektronik, dan pengumpulan data secara otomatis.
Pada  buku Anastasia Diana dan Fandy Tjiptono (2007, h.29), Turban, et al., (2004) dijabarkan bahwa definisi e-commerce ada dalam  7 perspektif pokok, yakni :

1. Perspektif komunikasi
2. Perspektif komersial (perdagangan)
3. Perspektif proses bisnis
4. Perspektif layanan/jasa
5. Perspektif pembelajaran
6. Perspektif kolaboratif
7. Perspektif komunitas

  Tentunya dalam pengoperasiannya E-Commerce juga membutuhkan alat-alat seperti aplikasi pendukung dalam prosesnya, berikut adalah beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
E-mail dan Messaging
Content Management Systems
Dokumen, spreadsheet, database
Akunting dan sistem keuangan
Informasi pengiriman dan pemesanan
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
Sistem pembayaran domestik dan internasional
Newsgroup
On-line Shopping
Conferencing
Online Banking/internet Banking
Product Digital/Non Digital


  Masalah-masalah yang sering terjadi dalam E-Commerce adalah :
1. Penipuan yang dilakukan dengan cara mencuri identitas dan membohongi pelanggan
2. Kurangnya Hukum yang ada dalam bidang E-Commerce

  E-Commerce atau perdagangan secara elektronik  memberikan banyak sekali  keuntungan, baik kepada pihak konsumen maupun juga pihak perusahaan.
Keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan antara lain :

1. Memungkinkan perusahaan untuk memperluas penjualan pasar
2. Perusahaan tidak perlu mambuka cabang
3. Biaya yang dikeluarkan sedikit , karena perusahaan tidak memerlukan untuk mambangun toko yang besar/cabang lain
4. Dikarenakan biaya yang dikeluarkan sedikit maka barang yang dijual akan semakin murah. Akibatnya , lebih banyak konsumen yang tertarik untuk menjangkau harga barang tersebut, dan barang akan menjadi lebih laku
5. Barang yang dijual lebih murah , dan dapat meningkatkan daya saing antar perusahaan lain.
    

  Kemudian untuk pihak konsumen, keuntungan yang diperoleh konsumen , antara lain :

1. Tidak perlu untuk mendatangi toko untuk membeli barang , cukup memesan barang melalui internet , barang akan sampai di rumah dengan praktis.
2. Dapat menghemat waktu dan juga biaya transportasi untuk berbelanja.
3. Banyaknya pilihan yang tersedia bagi konsumen,  karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet
4. Dapat berbelanja di negara lain , apabila di dalam negeri belum tersedia
5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah

Komentar